Rembuk Stunting “Strategi Konvergensi Penanggulangan Dan Pencegahan Stanting”

Kamumuan,- Kamis (29/12), Telah diadakan Rembuk Stunting dengan tema “STRATEGI KONVERGENSI PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN STUNTING’, di Aula Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir . Dimana Rembuk tersebut di pimpin Langsung Oleh Bapak Wali Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir.

Rembuk ini di hadiri oleh 30 Orang Peserta, terdiri dari: Pendamping Desa, Bamus, Seluruh Bapak Wali Korong yg ada di Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Babinkamtibmas, Babinsa, Kasi dan kaur, Anggota PKK,  Anggota RDS, Bidan Desa, Ahli Gizi Kecamatan, Sekretaris Nagari beserta Kasi Kesra.

Dalam Rembuk ini di bahas kondisi dan keadaan Anak yang terindikasi Stunting. Juga beberapa hal Kondisi dan keadaan Tempat Tinggal beserta sanitasi lingkungan. Dan Berikut  Ada 9 Poin yg di  Ajukan dalam Penanganan Pencegahan Stunting:

  1. Menganalisa Pendataan 1000 HPK.
  2. Memberikan Peningkatan Gizi Pada Anak Stunting
  3. Pengadaan Pos Gizi
  4. Pengadaan Kelengkapan alat sesuai standar nasional Pada Yandu.
  5. Pemberian Jamban Sehat Dan Jaminan Kesehatan Pada Sasaran
  6. Pelatihan Kader secara Berkala
  7. Pemberian Konseling Gizi Pada Ibu Balita
  8. Pengadaan Pelatihan Kelas Ibu Hamil
  9. Keberlanjutan Kelas Kp- Asi

Poin- Poin di Atas mendapat Sambutan Baik Oleh Bapak Wali Nagari, Menurut Bapak Wali Nagari Sebisa Mungkin Akan di realisasi kan pada Tahun 2023 tentu nya secara bertahap dan akan di dahulukan mana yg di anggap Perlu seperti:

  1. Memberikan Peningkatan Gizi pada Anak terindikasi Stunting
  2. Pengadaan kelengkapan Alat Ukur ber SNI
  3. Pelatihan Kader
  4. Pemberian Konseling Gizi pada Ibu Balita
  5. Keberlanjutan kelas kp-ASI

Adapun Poin yang lain Akan menjadi pertimbangan Oleh Bapak wali Nagari Mengingat keterbatasan Anggaran, Akan Tetapi poin tersebut tetap menjadi pertimbangan kedepan setelah peninjauan Langsung ke lokasi Sasaran yg tidak mempunyai Jamban, dan Lingkungan Tempat Tinggal Tidak sehat atau kurang nya sanitasi Lingkungan.

Penulis : Emilia (KPM Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *